ISD Sebagai Salah Satu MKDU
1.
Pendahuluan
Sesuai namanya (Pendahuluan), maka disini
kita akan membahas sejarah ISD menjadi salah satu MKDU (Mata Kuliah Dasar
Umum). MKDU adalah Mata Kuliah Dasar Umum yang diajarkan di Pendidikan Tinggi.
Pendidikan Tinggi diselenggarakan tentu dengan tujuan baik yaitu menghasilkan
para sarjana yang bermanfaat dengan kemampuan di bidang akademik, profesi juga
pribadi. ISD, yang merupakan MKDU, berperan dalam menumbuhkan kemampuan pribadi
para sarjana. Untuk kemampuan profesi dan keahlian ada MKK (Mata Kuliah
Keahlian) yang berperan.
Para sarjana yang diharapkan menjadi salah
satu pembangun bangsa, memerlukan kepribadian yang hebat -yang bila dirinci
akan banyak sekali- dalam dirinya. MKDU akan memfasilitasi itu, dan ISD sebagai
salah satunya berfokus pada hubungan timbal balik antara manusia dengan
lingkungannya dimana penelaahannya menggunakan pendekatan berbagai disiplin
ilmu-ilmu sosial seperti: ekonomi, geografi sosial, sejarah, sosiologi, antropologi
dan psikologi sosial.
Tambahan, karena disini kita akan membahas
tentang ISD yang merupakan salah satu dari ilmu pengetahuan, ada baiknya kita
mengetahui apa aja sih yang dinamakan ilmu pengetahuan.
Ilmu pengetahuan dibagi menjadi tiga kelompok.
1)Natural Sciences (Ilmu Alamiah), meliputi: fisika, kimia, biologi, astrologi dll
2)Social Sciences (Ilmu Sosial), meliputi: sosiologi, ekonomi, sejarah, antropologi, geografi, psikologi dll.
3)Humanities (Ilmu Budaya), meliputi: bahasa, kesastraan, kesenian dll.
1)Natural Sciences (Ilmu Alamiah), meliputi: fisika, kimia, biologi, astrologi dll
2)Social Sciences (Ilmu Sosial), meliputi: sosiologi, ekonomi, sejarah, antropologi, geografi, psikologi dll.
3)Humanities (Ilmu Budaya), meliputi: bahasa, kesastraan, kesenian dll.
2.
Pengertian
ISD
Ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah pengetahuan
yang membahas masalah-masalah sosial, yang ada di masyarakat Indonesia. Kenapa
membahas? Karena ISD bukan gabungan dari ilmu-ilmu sosial yg dipadukan pun
disiplin ilmu tersendiri akibat ketiadaan objek dan metode ilmiah tersendiri
sekaligus tidak mengembangkan suatu penelitian sebagaimana suatu disiplin ilmu.
3.
Tujuan
ISD
Sebagaimana dijelaskan di Pendahuluan, ISD
bertujuan untuk menanamkan kepribadian hebat yang dibutuhkan setiap para
sarjana Perguruan Tinggi untuk mengemban tugas membangun bangsa menuju
tujuannya. Secara spesifik:
A.Memahami dan menyadari adanya
kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat
yang dibuktikan dengan inisiatif untuk memberikan jalan keluar.
B.Menyadari bahwa dalam memberikan jalan
keluar memerlukan solusi inter-disiplin ilmu sosial lain dan komunikasi dengan
para ahli.
4.
Perbedaan
sekaligus Persamaan ISD dan IPS
ISD, memiliki persamaan dengan IPS yakni
materi yang terdiri dari kenyataan & masalah sosial masyarakat, bahan studi
yang diajarkan di pendidikan umum Indonesia dan bukan merupakan disiplin ilmu
yang berdiri sendiri.
Adapun perbedaannya, ISD diberikan di
Perguruan Tinggi yang merupakan satu matakuliah tunggal sedangkan IPS diberikan
di SD, SMP, SMA yang merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran. ISD
berfokus pada pembentukan kepribadian dan sikap sedangkan IPS pada pembentukan
pengetahuan dan intelektualitas siswa.
5.
Ruang
Lingkup ISD
Cakupan (Ruang Lingkup) materi ISD cukup luas mengingat yg dibahas
adalah "manusia dan lingkungannya".
Dengan demikian, kita akan mempersempit dengan membedakan atas 3
golongan, yaitu:
A. Kenyataan sosial yang secara bersamaan merupakan
masalah sosial.
B. Konsep/pengertian tentang kenyataan sosial
yg ada di masyarakat dibatasi pada hal elementer.
C. Masalah yang timbul biasanya terlibat dalam
berbagai kenyataan sosial
yang saling berkaitan.
6.
Contoh
Penerapan ISD dalam Keseharian
ISD -yg sudah kita bahas sebelumnya- membahas tentang ‘manusia dan
lingkungannya’ maka disini penerapannya, kita akan mengambil Perkampungan Etnis
yaitu dimana selalu ditemukan adanya hunian yg diisi oleh etnis sejenis,
contoh: Perkampungan Jawa.
Ini merupakan salah satu ruang lingkup ISD yakni Masalah yang timbul biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan sosial
yang saling berkaitan.
Namanya
perkumpulan, baik itu perkampungan atau organisasi, konflik/masalah adalah hal
yg biasa seperti tidak satu suara atas keputusan bersama, kecemburuan atau hal
lainnya.
ISD, menyikapi
ini dengan membekali para sarjana nya utk bisa masuk, menengahkan dan membantu
menyelesaikan (atau hebat kalau langsung bisa menyelesaikan) masalah yang ada
dengan mengajak duduk bersama sambil makan mungkin? Atau bisa dengan buat
poling sambil dengerin musik yang digemari mereka atau juga mediasi yang agak
serius.
Banyak. Sehingga
ISD –mesti dipelajari & dikuasai- oleh para sarjana agar skill spesifik nya
(misal anak Teknik Industri) saat mau mempraktikkan ilmu nya bisa berjalan
dengan baik.
7. Daftar Pustaka
http://bit.ly/19Wq3Sf (Langsung taut ke e-learning ISD
Gunadarma)
Serah lu dah dhan
ReplyDelete