ISD Sebagai Salah Satu MKDU

1.   Pendahuluan

Sesuai namanya (Pendahuluan), maka disini kita akan membahas sejarah ISD menjadi salah satu MKDU (Mata Kuliah Dasar Umum). MKDU adalah Mata Kuliah Dasar Umum yang diajarkan di Pendidikan Tinggi. Pendidikan Tinggi diselenggarakan tentu dengan tujuan baik yaitu menghasilkan para sarjana yang bermanfaat dengan kemampuan di bidang akademik, profesi juga pribadi. ISD, yang merupakan MKDU, berperan dalam menumbuhkan kemampuan pribadi para sarjana. Untuk kemampuan profesi dan keahlian ada MKK (Mata Kuliah Keahlian) yang berperan.

Para sarjana yang diharapkan menjadi salah satu pembangun bangsa, memerlukan kepribadian yang hebat -yang bila dirinci akan banyak sekali- dalam dirinya. MKDU akan memfasilitasi itu, dan ISD sebagai salah satunya berfokus pada hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya dimana penelaahannya menggunakan pendekatan berbagai disiplin ilmu-ilmu sosial seperti: ekonomi, geografi sosial, sejarah, sosiologi, antropologi dan psikologi sosial.

Tambahan, karena disini kita akan membahas tentang ISD yang merupakan salah satu dari ilmu pengetahuan, ada baiknya kita mengetahui apa aja sih yang dinamakan ilmu pengetahuan.

Ilmu pengetahuan dibagi menjadi tiga kelompok.
1)Natural Sciences (Ilmu Alamiah), meliputi: fisika, kimia, biologi, astrologi dll
2)Social Sciences (Ilmu Sosial), meliputi: sosiologi, ekonomi, sejarah, antropologi, geografi, psikologi dll.
3)Humanities (Ilmu Budaya), meliputi: bahasa, kesastraan, kesenian dll.


2.   Pengertian ISD

Ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah pengetahuan yang membahas masalah-masalah sosial, yang ada di masyarakat Indonesia. Kenapa membahas? Karena ISD bukan gabungan dari ilmu-ilmu sosial yg dipadukan pun disiplin ilmu tersendiri akibat ketiadaan objek dan metode ilmiah tersendiri sekaligus tidak mengembangkan suatu penelitian sebagaimana suatu disiplin ilmu.


3.   Tujuan ISD
Sebagaimana dijelaskan di Pendahuluan, ISD bertujuan untuk menanamkan kepribadian hebat yang dibutuhkan setiap para sarjana Perguruan Tinggi untuk mengemban tugas membangun bangsa menuju tujuannya. Secara spesifik:

A.Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat yang dibuktikan dengan inisiatif untuk memberikan jalan keluar.

B.Menyadari bahwa dalam memberikan jalan keluar memerlukan solusi inter-disiplin ilmu sosial lain dan komunikasi dengan para ahli.


4.   Perbedaan sekaligus Persamaan ISD dan IPS

ISD, memiliki persamaan dengan IPS yakni materi yang terdiri dari kenyataan & masalah sosial masyarakat, bahan studi yang diajarkan di pendidikan umum Indonesia dan bukan merupakan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
Adapun perbedaannya, ISD diberikan di Perguruan Tinggi yang merupakan satu matakuliah tunggal sedangkan IPS diberikan di SD, SMP, SMA yang merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran. ISD berfokus pada pembentukan kepribadian dan sikap sedangkan IPS pada pembentukan pengetahuan dan intelektualitas siswa.


5.   Ruang Lingkup ISD

Cakupan (Ruang Lingkup) materi ISD cukup luas mengingat yg dibahas adalah "manusia dan lingkungannya".
Dengan demikian, kita akan mempersempit dengan membedakan atas 3 golongan, yaitu:
A.   Kenyataan sosial yang secara bersamaan merupakan masalah sosial.

B.   Konsep/pengertian tentang kenyataan sosial yg ada di masyarakat dibatasi pada hal elementer.

C.    Masalah yang timbul biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan sosial
yang saling berkaitan.


6.   Contoh Penerapan ISD dalam Keseharian

ISD -yg sudah kita bahas sebelumnya- membahas tentang ‘manusia dan lingkungannya’ maka disini penerapannya, kita akan mengambil Perkampungan Etnis yaitu dimana selalu ditemukan adanya hunian yg diisi oleh etnis sejenis, contoh: Perkampungan Jawa.

Ini merupakan salah satu ruang lingkup ISD yakni Masalah yang timbul biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan sosial yang saling berkaitan.

Namanya perkumpulan, baik itu perkampungan atau organisasi, konflik/masalah adalah hal yg biasa seperti tidak satu suara atas keputusan bersama, kecemburuan atau hal lainnya.

ISD, menyikapi ini dengan membekali para sarjana nya utk bisa masuk, menengahkan dan membantu menyelesaikan (atau hebat kalau langsung bisa menyelesaikan) masalah yang ada dengan mengajak duduk bersama sambil makan mungkin? Atau bisa dengan buat poling sambil dengerin musik yang digemari mereka atau juga mediasi yang agak serius.
Banyak. Sehingga ISD –mesti dipelajari & dikuasai- oleh para sarjana agar skill spesifik nya (misal anak Teknik Industri) saat mau mempraktikkan ilmu nya bisa berjalan dengan baik.


7. Daftar Pustaka

http://bit.ly/19Wq3Sf (Langsung taut ke e-learning ISD Gunadarma)
http://bit.ly/2dwQ5ku (Langsung taut ke SAP Gunadarma, pilih yg 102)

Comments

Post a Comment

Popular Posts